Fitur baru di Adobe Lightroom 4 merupakan alasan kenapa harus upgrade

 

Pembaca blog ini mungkin sudah tahu kalau saya sangat menyukai Adobe Lightroom 4 untuk mengedit dan mengelola foto. Di tahun ini Lightroom mengeluarkan versi ke 4. Versi ini memiliki banyak persamaan dengan versi yang ke-3. Namun ada beberapa hal penting yang berubah. Perubahan ini saya rasakan sangat baik dan lebih memudahkan kerja dan meningkatkan kualitas foto.

1. Perubahan di modul Basic Tone

Di modul Basic tone, recovery dan fill light digantikan dengan white, highlight, black dan shadow.

Highlight fungsinya kurang lebih sama dengan recovery, dan shadow mirip dengan fill light. Bedanya di versi ke-4 ini, kita bisa menyetel ke kiri (gelap) dan kanan (terang). White & Black di versi ke-4 ini perannya untuk mengatur seberapa fleksibilitas pembatasan cahaya di bagian yang terang dan gelap.

Alat baru ini mempermudah kita untuk mengatur bagian yang terlalu terang pada foto, seperti bagian langit pada foto pemandangan, pakaian putih pada pengantin dan sebagainya. Kualitas fotonya juga lebih bagus.

Menurut pengalaman saya, foto yang tadinya terlalu terang bisa diselamatkan oleh tool ini. Detail-detailnya muncul dan tampak lebih jelas.

Highlight mengembalikan detail awan di langit yang sebelumnya terlalu terang, shadow menerangkan rumah gadang yang agak gelap.

2. Clarity

Tool Clarity di versi 3 kurang bagus dan hasilnya sangat tidak alami. Di versi 4 ini Clarity sangat berguna untuk meningkatkan kontras sehingga tekstur, detail pada foto terlihat lebih jelas dan menonjol.

Kiri: Clarity 0, Kanan: Clarity 50

3. Mengatur White Balance via Adjustment Brush

Di tools adjustment brush, kita bisa memilih seleksi White Balance dan Tint. Ini akan mempermudah dalam mengkoreksi foto yang sumber cahayanya nyampur seperti lampu-lampu di pertunjukan seni (teater, konser), atau di ruangan yang sumber cahayanya warna-warni. Tools ini juga berguna untuk pemandangan. Misalnya membuat langit menjadi lebih biru atau jingga.

4. Lens correction

Lightroom 4 memiliki database informasi koreksi lensa yang populer. Saat memakai lensa lebar sering ada distorsi dimana subjek foto atau pemandangan menjadi agak cembung. Dengan lens correction aktif, pekerjaan mengkoreksi cacat lensa menjadi mudah dan singkat.

Lightroom berhasil mengidentifikasikan distorsi pada lensa Sigma 70-200mm

Peningkatan -peningkatan diatas membuat upgrade dari versi 3.x menjadi 4.x menjadi penting dan patut dilakukan bagi yang belum.